Minum air putih berlebih ternyata bahaya

5 Januari 2012 at 8:38 am Tinggalkan Komentar


Anda pasti pernah dengar, bahwa minum air 8 gelas sehari itu menyehatkan.

Sejumlah ahli kesehatan di Inggris baru-baru ini mengingatkan bahwa minum delapan gelas air sehari adalah anggapan keliru dan bahkan mungkin bisa membahayakan.
Seperti dikutip Telegraph, National Health Services (NHS) Inggris bersama dengan dokter terkemuka dan ahli gizi telah lama menyarankan masyarakat agar minum sekitar 1,2 liter air per hari untuk menjaga kesehatan.
Namun sebuah laporan terbaru yang ditulis dalam British Medical Journal menjelaskan bahwa ancaman akan dehidrasi adalah suatu ‘mitos’ dan mengatakan sejauh ini tak ada bukti di balik klaim bahwa minum banyak air dapat mencegah beberapa masalah kesehatan.

Seorang dokter di Glasgow, Margaret McCartney, dalam jurnal itu mengatakan bahwa anjuran dalam website NHS agar minum enam sampai delapan gelas sehari tidak hanya sebuah omong kosong, tapi juga memalukan. Dia menambahkan bahwa manfaat dari banyak minum air sering dibesar-besarkan dan ditumpangi kepentingan, misalnya dari perusahaan air dalam kemasan.

Dalam BMJ, Dr McCartney juga menekankan bahwa penelitian menunjukkan bahwa minum air ketika tidak merasa haus justru dapat mengganggu dan bukannya meningkatkan konsentrasi.
Bukti-bukti lain juga menunjukkan bahwa zat kimia yang pembunuh kuman ditemukan dalam air kemasan bisa berakibat buruk bagi kesehatan.
Minum dalam jumlah yang berlebihan juga dapat menyebabkan kurang tidur karena seseorang harus bangun di malam hari untuk pergi ke toilet.
Studi lain menunjukkan, bahkan dapat menyebabkan kerusakan ginjal, bukan mencegah kerusakan.

Dr McCartney juga memperingatkan bahwa minum terlalu banyak air (walau ini jarang terjadi) dapat menyebabkan kondisi yang berpotensi fatal yang disebut hiponatremia. Kondisi ini yang membuat kadar garam dalam tubuh menurun dan dapat menyebabkan pembengkakan otak.

Pada 2003, aktor Anthony Andrews jatuh sakit karena minum air terlalu banyak selama berlatih peran. Dokter lain yang dikutip dalam artikel tersebut menambahkan, tidak ada dasar yang cukup untuk mengklaim bahwa air dapat membantu menurunkan berat badan dengan menekan nafsu makan.

Profesor Stanley Goldfarb, seorang ahli metabolisme dari University of Pennsylvania di AS, mengatakan bukti saat ini menyatakan bahwa memang tidak ada bukti.

Jika anak-anak minum lebih banyak air daripada mendapatkan kalori ekstra dari soda, itu bagus.
Tetapi tidak ada bukti bahwa minum air sebelum makan mengurangi selera saat makan.

Sekitar 2.06 miliar liter air dalam kemasan laku dijual di Inggris pada tahun lalu. Angka ini naik dibandingkan tahun 2000 yang hanya mencapai 1.42 miliar liter.

Mari gunakan air sesuai kebutuhan.

Sumber: inilah.com

Entry filed under: kesehatan. Tags: , , , , .

Ada yang aneh pada situs Bakrielife Rahasia di balik bungkus

Tinggalkan Balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Alon asal klakon Love Indonesia
Selamat datang para sahabat di blog sederhana ini, yang berisi tulisan seadanya, karena aku memang bukan seorang penulis, jadi mohon maaf jika kurang berkenan di hati dan apa yang anda cari tidak terdapat di sini. namun harapanku blog dengan alamat: http://baezur.wordpress.com atau http://baezur.co.cc ini bisa bermanfaat bagi semuanya.

POSTING TERBARU

KOTAK ARSIP

PILIH KATEGORI

HADIR DI BLOG INI

Pada saat ini ada
TENTANG ANDA IP
free counters
PageRank

Statistik Blog

  • 18,596

TERIMA KASIH

atas kunjungannya, bagi yang meninggalkan komentar namun belum terbalas mohon maaf atas segala kekurangan, lain waktu boleh mampir lagi ke sini
CO.CC:Free Domain

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.